PEMBUATAN MARQUETRY PADA FURNITUR DARI BEBERAPA JENIS KAYU DI INDOENSIA

  • Nurmadina Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu
  • Agung Ari Purwanto Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu
  • Angga Gunawinata Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu
Abstract views: 190 , pdf downloads: 157
Keywords: furniture, marquetry, veneer

Abstract

Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan jenis tumbuhan berkayu. Dengan adanya teknologi, kayu dapat dibentuk menjadi finir dan dimanfaatkan menjadi produk marquetry. Penampilan furnitur yang dilapis marquetry menjadi lebih indah sehingga meningkatkan nilai jual. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik finir untuk marquetry, dan mengimplemantasikan desain marquetry pada furnitur. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, studi literature, visual, dan eksperimen produk. Produk marquetry dapat dibuat dari kayu yang seratnya memiliki perpaduan warna yang kontras dan arah yang beragam seperti mahoni, mindi, sonokeling, jati, dan sengon. Kayu yang memiliki tekstur kasar lebih mudah pecah pada desain marquetry yang runcing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Leite, S. S., Jesus, G. M. K., Alves, M. C. S., Valarelli, I. D., Bueno, M. A. P., Dinhane Magorbo, F. C. R., Moizes, F. A., and Salvadeo, V. M. (2019). Analysis of the parameters affecting the surface sanding of Pinus elliottii and Corymbia citriodora wood species. BioRes. 14(2), 2773-2783.
[2] Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. (2018). Pengiriman 22 ribu specimen kayu dalam mendukung xylarium bogorience 1915 menuju nomor 1 dunia untuk koleksi kayu Indonesia. Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur. https://dishut.jatimprov.go.id/portal/public/berita/138
[3] Shmulsky R, Bowyer JL, Haygreen JG. (2003). Forest Products and Wood Science. An Introduction, Fourth Edition. Iowa (US): A Blackwell Publishing Company.
[4] Sinatrya AD, Lustiyanto T. (2019). Rendemen dan Sifat Pengerjaan Kayu Jati (Tectona grandis L. f.) Hutan Rakyat Umur 10 Tahun dan 15 Tahun. Proseding Seminar Nasional Masyarakat Peneliti Kayu Indonesia XX.
Published
2023-03-16
How to Cite
Nurmadina, Agung Ari Purwanto, & Angga Gunawinata. (2023). PEMBUATAN MARQUETRY PADA FURNITUR DARI BEBERAPA JENIS KAYU DI INDOENSIA . Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 11(1), 6. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v11i1.357