DESAIN SARANA BAWA PERALATAN PANAHAN UNTUK KEPERLUAN LATIHAN RUTIN

  • Royke Vincentius Politeknik Negeri Samarinda
  • Cicik Okta P
Abstract views: 189 , pdf downloads: 234
Keywords: Panahan, sarana bawa, latihan, softcase

Abstract

Panahan telah berkembang dari fungsinya sebagai keahlian untuk bertahan hidup (berburu), menjadi sarana berperang, menjadi seni, menjadi bentuk olahraga dan kini telah berkembang lebih jauh menjadi sebuah identitas gaya hidup. Di Samarinda panahan yang tadinya hanya merupakan salah satu bentuk olahraga yang dikembangkan untuk tujuan kompetisi, kini berkembang menjadi sebuah bagian gaya hidup dan hoby sebagaimana beberapa olahraga lain seperti renang dan basket. Perubahan fungsi panahan tersebut berpengaruh pula pada perubahan jenis kebutuhan sarana bawa. Saat ini belum terdapat sarana bawa peralatan olahraga panahan untuk keperluan latihan rutin.
Untuk keperluan latihan rutin dengan studi kasus penggemar olahraga panahan di Samarinda, dibuatlah desain sarana bawa peralatan panahan berbentuk softcase. Dengan sarana bawa ini, peralatan panahan dapat dibawa dalam bentuk terurai untuk kemudian dirakit saat sampai di tempat latihan. Sarana bawa semacam ini sesuai untuk digunakan untuk keperluan latihan yang lebih membutuhkan sarana bawa yang nyaman digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashby, Michael; Johnson, Kara. 2014. Materials and Design. Oxford : Elsevier.
Johnson, Teresa. 2014. Archery Fundamentals (2nd edition). USA : Human Kinetics.
Goel, Vinod. 1995. Sketches of Thouht. Massachusetts : MIT Press.
Herrigel, Eugen. 1953. Zen in the Art of Archery. Penerbit : N.A.
Lefteri, Chris. (2014). Materials for Design. London : Laurence King Publisher.
Published
2020-07-01
How to Cite
Vincentius, R., & P, C. O. (2020). DESAIN SARANA BAWA PERALATAN PANAHAN UNTUK KEPERLUAN LATIHAN RUTIN. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 4(2), 12. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v4i2.68

Most read articles by the same author(s)