Desain Permainan Papan untuk Mengenal Rumah dan Pakaian Adat Pada Anak Prasekolah

  • Andi Ramlan
Abstract views: 34 , pdf downloads: 16
Keywords: anak prasekolah, budaya Indonesia, permainan papan.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan yang luar biasa, mulai dari jumlah penduduk, sumber daya alam, hingga kebudayaan dan adat istiadat. Setiap daerah memiliki ciri khas budaya masing-masing mulai dari rumah adat, pakaian adat, upacara adat, alat musik, dll. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, banyak kebudayaan-kebudayaan yang berangsur-angsur tergusur oleh perkembangan zaman, oleh sebab itu, pentingnya menanamkan kepada diri kita untuk cinta tanah air dan mencintai dengan sepenuh hati warisan budaya Indonesia yang perlu kita tanamkan sejak dini agar menjadi karakter anak bangsa yang nasionalisme. Untuk itu, anak-anak perlu dibekali wawasan tentang kekayaan kebudayaan Indonesia sejak usia prasekolah. Studi literatur dan observasi merupakan metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi dalam perancangan permainan papan ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis desain dan analisis SWOT. Perancangan ini bertujuan untuk mengenalkan budaya Indonesia sejak dini dan menanamkan sikap kepedulian cinta tanah air. Hasil akhir dari perancangan ini berupa permainan papan sebagai media pengenalan budaya Indonesia pada anak prasekolah.

Kata kunci: anak prasekolah, budaya Indonesia, permainan papan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Maghriefie, L. (2019, May 13). Mengenalkan Ragam Budaya Secara Sederhana tapi Penuh Makna. Retrieved Oktober 28, 2020, from sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id: https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=249900383#:~:text=Menurut%20para%20ahli%2C%20mengenalkan%20budaya,akibat%20perbedaan%20sejak%20sedini%20mungkin.

Ns. Arif Rohman Mansur, M. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Padang: Andalas University Press.

Sujianti. (2014). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Prasekolah yang Menggunakan Gadget di TK Islam Al Irsyad 01 Cilacap. 52-58.

Tanhati, S. (2020, Maret 5). Simak 6 Manfaat Bermain Board Game untuk Anak, Ma. Retrieved Oktober 31, 2020, from popmama.com: popmama.com/big-kid/6-9-years-old/sysilia-tanhati/simak-6-manfaat-board-game-untuk-anak-ma/6
Published
2021-04-03
How to Cite
Andi Ramlan. (2021). Desain Permainan Papan untuk Mengenal Rumah dan Pakaian Adat Pada Anak Prasekolah. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 9(1), 12. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v8i2.145