DESAIN DISPLAY PAMERAN FESYEN DI MOJOKERTO (STUDI KASUS: UMKM AKSESORIS DI MOJOKERTO)
Abstract
Pameran menjadi sarana salah satu strategi pemasaran yang sedang marak di selenggarakan oleh badan-badan atau instuisi kreatif dan banyak peminatnya di masyarakat, display atau penataan barang dagangan harus diperhatikan dan dibuat semenarik mungkin. Display merupakan sarana atau alat untuk memamerkan berbagai macam barang, peserta pameran mengalami kesulitan dalam membawa display, karena ukuran dan volume sehingga display sangat berat, tidak praktis dan membutuhkan ruang yang luas saat membawanya. Dalam display pameran seringkali tidak terdapat tempat penyimpanan untuk produk yang akan dipamerkan. Maka diperlukan desain display yang dapat menyimpan produk sehingga praktis, mudah dibawa, mudah di bongkar pasang dan tidak memakan tempat. Untuk memperoleh data yang valid, peneliti melakukan observasi ke tiga tempat atau tiga UMKM Sazky Collection, UMKM Griya WanQi, dan UMKM Malika Aksesoris. Selain itu, peneliti melakukan kuisioner untuk mengetahui keinginan dari orang yang bukan peserta pameran. Hasil penelitian menghasilkan display baru untuk memenuhi kebutuhan UMKM. Desain display yang baru dibuat sesuai kebutuhan UMKM yang lebih praktis, mudah dibawah, mudah dibongkar pasang, dan tidak memakan tempat.
Kata kunci: Desain, Display, Pameran, UMKM
Downloads
References
A. Hasan, Tourism Products and Services in Bangladesh: Concept Analysis and Development Suggestions. Springer Singapore. 2021.
Copyright (c) 2022 Muhammad Khabibun Nuzul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License