REDESAIN MEJA BELAJAR ANAK PENYANDANG AUTISME
Abstract
Autis yaitu anak yang dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya mengalami kelainan atau penyimpangan fisik, mental, intelektual, sosial, dan emosional berbeda dengan anak normal. Oleh karena itu dibutuhkan tempat khusus yang dapat mendidik serta memberikan penanganan khusus bagi anak penyandang autis. Untuk memberikan pendidikan yang berkualitas, diperlukan sarana dan prasarana yang sesuai bagi anak penyandang autisme. Pada sekolah yang khusus untuk menangani anak autis sekarang, sarana meja belajar yang digunakan kurang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak. Tujuan yang ingin dicapai dalam perancangan meja belajar anak autis yaitu untuk membantu anak dan pembimbing melaksanakan proses terapi dengan mempertimbangkan beberapa faktor yaitu keamanan, kenyamanan, dan keoptimalan proses terapi. Dalam prosesnya dengan adanya metode perencanaan dan perancangan yang sudah dilakukan antaranya pengumpulan data, analisis data, konsep desain, alternatif desain, pengembangan desain dari alternatif terpilih, serta desain akhir. Didapatlah hasil akhir perancangan meja belajar anak autis ini yang fungsinya sekaligus dapat sebagai sarana terapi sensorik dan motorik anak dengan penambahan puzzle dan xilofon sebagai alat terapi.
Downloads
References
123456789/18050/2/Reference.pdf)
Pengertian autisme. (2012). Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Apel Surabaya. Diunduh tanggal 20 Februari 2017 (https://www. library.uinsby.ac.id/)
Royan, Frans M, Marketing celebrities: Dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri, PT Elex Media Kompuindo, Jakarta, 2007. Diunduh tanggal
20 Februari 2017 (https://www. lms.aau.ac.id/library/ebook/U_002624_06/files/res/.../download_0002.pdf)
Sholahuddin, M. (2014). Proses perancangan desain mebel. Yogyakarta: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Diunduh tanggal 20 Februari 2017 (https://www.digilib.isi.ac.id/1537/1/Cover%20dan%20BAB%20I.pdf)
Sunarto, W. (2013). Gaya desain tinjauan sejarah. Jakarta: Pascasarjana IKJ. Diunduh tanggal 20 Februari 2017 (https://www. digilib.isi.ac.id/1701/5/bab%205.pdf)
Suyanto, M., 2004, Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan Dilengkapi Sampel Iklan Terbaik Kelas Dunia, Yogyakarta. Diunduh tanggal 20 Februari 2017 (https://
www. library.um.ac.id/.../aplikasi-desain-grafis-untuk-periklanan- dilengkapi-sampeliklan-te...)
Universitas Pelita Harapan, (2010) Desain Mebel. Jakarta. Diunduh tanggal 20 Februari2017 (https://www.upd.academia.edu/Departments/Art_and_Design/Documents)
Wignjosoebroto. S. (2000). Ergonomi, Studi Gerak & waktu. Jakarta, Penerbit Guna widya. Diunduh tanggal 20 Februari 2017 (https://www. digilib.usu.ac.id/.../
Ergonomi,-studi-gerak-dan-waktu-:-teknik-analisis-untuk- peningk...)
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License