REDESAIN MEJA BELAJAR ANAK PENYANDANG AUTISME

  • Etwin Fibrianie Suprapto Politeknik Negeri Samarinda
  • Mega Ayu Anjani
Abstract views: 32 , pdf downloads: 56
Keywords: meja belajar, autisme, sarana terapi

Abstract

Autis yaitu anak yang dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya mengalami kelainan atau penyimpangan fisik, mental, intelektual, sosial, dan emosional berbeda dengan anak normal. Oleh karena itu dibutuhkan tempat khusus yang dapat mendidik serta memberikan penanganan khusus bagi anak penyandang autis. Untuk memberikan pendidikan yang berkualitas, diperlukan sarana dan prasarana yang sesuai bagi anak penyandang autisme. Pada sekolah yang khusus untuk menangani anak autis sekarang, sarana meja belajar yang digunakan kurang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak. Tujuan yang ingin dicapai dalam perancangan meja belajar anak autis yaitu untuk membantu anak dan pembimbing melaksanakan proses terapi dengan mempertimbangkan beberapa faktor yaitu keamanan, kenyamanan, dan keoptimalan proses terapi. Dalam prosesnya dengan adanya metode perencanaan dan perancangan yang sudah dilakukan antaranya pengumpulan data,  analisis data, konsep desain, alternatif desain, pengembangan desain dari alternatif terpilih, serta desain akhir. Didapatlah hasil akhir perancangan meja belajar anak autis ini yang fungsinya sekaligus dapat sebagai sarana terapi sensorik dan motorik anak dengan penambahan puzzle dan xilofon sebagai alat terapi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurmianto, E. (1991). Ergnomi: konsep dasar aplikasinya. Surabaya: Guna Widya. Diunduh tanggal 20 Februari 2017 (https://www. repository.usu.ac.id/bitstream/
123456789/18050/2/Reference.pdf)
Pengertian autisme. (2012). Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Apel Surabaya. Diunduh tanggal 20 Februari 2017 (https://www. library.uinsby.ac.id/)
Royan, Frans M, Marketing celebrities: Dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri, PT Elex Media Kompuindo, Jakarta, 2007. Diunduh tanggal
20 Februari 2017 (https://www. lms.aau.ac.id/library/ebook/U_002624_06/files/res/.../download_0002.pdf)
Sholahuddin, M. (2014). Proses perancangan desain mebel. Yogyakarta: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Diunduh tanggal 20 Februari 2017 (https://www.digilib.isi.ac.id/1537/1/Cover%20dan%20BAB%20I.pdf)
Sunarto, W. (2013). Gaya desain tinjauan sejarah. Jakarta: Pascasarjana IKJ. Diunduh tanggal 20 Februari 2017 (https://www. digilib.isi.ac.id/1701/5/bab%205.pdf)
Suyanto, M., 2004, Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan Dilengkapi Sampel Iklan Terbaik Kelas Dunia, Yogyakarta. Diunduh tanggal 20 Februari 2017 (https://
www. library.um.ac.id/.../aplikasi-desain-grafis-untuk-periklanan- dilengkapi-sampeliklan-te...)
Universitas Pelita Harapan, (2010) Desain Mebel. Jakarta. Diunduh tanggal 20 Februari2017 (https://www.upd.academia.edu/Departments/Art_and_Design/Documents)
Wignjosoebroto. S. (2000). Ergonomi, Studi Gerak & waktu. Jakarta, Penerbit Guna widya. Diunduh tanggal 20 Februari 2017 (https://www. digilib.usu.ac.id/.../
Ergonomi,-studi-gerak-dan-waktu-:-teknik-analisis-untuk- peningk...)
Published
2020-07-01
How to Cite
Suprapto, E. F., & Anjani, M. A. (2020). REDESAIN MEJA BELAJAR ANAK PENYANDANG AUTISME. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 4(2), 10. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v4i2.72