KANSEI WORDS PRODUK FESYEN BERBAHAN SARUNG SAMARINDA DAN ULAP DOYO UNTUK INOVASI DESAIN PRODUK KERAJINAN KHAS KALIMANTAN TIMUR SEBAGAI DAYA SAING MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) 2015

  • Dita Andansari
  • Asrina Astagani
Abstract views: 214 , pdf downloads: 159
Keywords: kansei words, sarung samarinda, ulap doyo, inovasi, kerajinan fesyen

Abstract

Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dimulai akhir tahun 2015 ini, Indonesia sebagai salah satu Negara ASEAN terlihat mempersiapkan MEA, Kalimantan Timur sebagai salah satu provinsi di Indonesia tidak ketinggalan juga turut mempersiapkan diri untuk ikut meramaikan MEA. Salah satu usahanya adalah mempersiapkan wirausaha baru dan meningkatkan daya saing SDM dari UKM-UKM yang ada di wilayah Kalimantan Timur. Kerajinan Khas Kalimantan Timur adalah salah satu bidang yang mempunyai kontribusi besar bagi peningkatan perekonomian daerah. Kerajinan adalah salah satu sektor industri kreatif, dan industri kreatif di Indonesia rata-rata memberikan kontribusi PDB sebesar 6,3 persen dari total PDB Nasional dengan nilai Rp. 104,6 triliun pada tahun 2002-2006. Namun demikian belum banyak inovasi produk yang dilakukan oleh UKM Kerajinan di Kalimantan Timur. Belum ada usaha untuk melakukan pengembangan produk yang didasarkan pada preferensi pelanggan produk kerajinan. Adapun Tujuan dari penelitian adalah (1) Mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi preferensi pelanggan dalam memilih sebuah produk serta kansei pelanggan terhadap produk kerajinan khas Kalimantan Timur. (2)Merancang desain produk kerajinan berdasarkan karakteristik desain yang diperoleh dari hasil penelitian. (3)Mengetahui penerimaan pelanggan terhadap desain produk kerajinan yang sudah dibuat berdasarkan kansei pelanggan.Target pada tahun pertama adalah adanya rekomendasi karakteristik desain produk kerajinan khas Kalimantan Timur yang diminati oleh masyarakat Kalimantan Timur. Metode yang digunakan adalah perancangan awal penelitian,pengumpulan kansei words,penyusunan kuesioner Semantik Diferensial (SD),penyebaran kuesioner SD I,analisis statistika I,pengumpulan sampel produk,penyebaran kuesioner SD II,analisis statistika II, pengembangan desain berdasarkan preferensi pelanggan. Dari tahapan yang sudah dilakukan sampai dengan analisis statistika I, maka dapat disimpulkan bahwa kansei words produk kerajinan fesyen berbahan sarung samarinda meliputi : emotional appeal(bangga,elegan,dan santai), bentuk desain (indah,  modern, unik dan tradisional), material(nyaman dan alami) serta warna(cerah) dan kansei words produk kerajinan fesyen berbahan ulap doyo meliputi : emotional appeal (bangga, berkarakter dan elegan), bentuk desain (menarik, modis, unik, sederhana dan tradisional), material(nyaman dan alami) serta warna(cerah dan merah hitam)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchori, Imam, 2008. Materi kuliah Teori Desain Magister Desain ITB. Bandung.
Hubeis, M. 2005. Manajemen Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis, Jakarta: Hecca Mitra Utama.
Gustami, 2007, Butir-Butir Mutiara Estetika Timur, Prasista Yogyakarta.
Khayati, Enny,dkk. 2006. Daya Terima Konsumen Remaja di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Busana dari Bahan Batik Sutra Motif Kawung Dicelup dengan Zat Warna Alam dilengkapi Asesoris dari Tempurung Kelapa. Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana,Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Kusnadi, 1983, “Peranan Seni Kerajinan (Tradisional dan Baru) dalam Pembangunan “dalam Seni edisi XVII, STST “ ASRI”, Yogyakarta.
Lndriani, Farida,dkk. “Studi Mengenai Inovasi Produk Pada Usaha Kecil Kerajinan Ukiran Di Jepara” .Jurnal Sains Pemasaran Indonesia” Volume Vll, Nomor 2, September2009, halaman 249 _ 272
Muslikhah, Riana I. Pengembangan Industri Fesyen Sebagai Industri Kreatif Unggulan Untuk Mendorong Pembangunan Ekonomi Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.
Nagamachi M., Y.Okazaki, dan M.Ishikawa. “Kansei Engineering and application of the rough sets model.” Proc.IMechE Vol220 Part I:J. (2006) Systems and Control
Engineering.
Nagamachi, Mitsuo. Kansei/Affective Engineering. Boca Raton : Taylor & Francis Group, 2011
Putra, Edi S.2011. Perancangan Diversifikasi Produk Tenun Tajung Khas Desa Tuan Kentang Kota Palembang Propinsi Sumatera Selatan. LPPM Institut Teknologi Nasional -Rahmawati, Neni P.N. 2010. Sarung Tenun Samarinda, Coba Bertahan Dan Berinovasi . Jantra Jurnal Sosial dan Budaya. Vol.V No.9 Juni 2010. Yogyakarta.
Setiawan, Evelyn. Analisis Sikap Konsumen terhadap Produk Fashion Lokal dan Impor. Universita Pelita Harapan Surabaya.
Setyaningrum,Ratih,dkk. 2014. Kata-kata pada Produk Berbasis Budaya untuk Pemenuhan Kebutuhan Maslow. Jurnal Teknosains, Vol.4 No.1 22 Desember 2014
Stoneman, Paul. 2010. Soft Innovation: Ecomonics, Product Aesthetics, and the Creative Industries. Oxford : Oxford University Press
Sri Hartini, Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis.
Srikandi, Margaretha,dkk.2012. Rekayasa Desain Batik Tulis Jetis –Sidoarjo Melalui
Implementasi Metode Kansei Engineering. Jurnal GEMA AKTUALITA, Vol. 1 No. 1, Desember 2012
Sya’roni,Deden A.W.dkk. 2012. “Kreativitas dan Inovasi Penentu Kompetensi Pelaku Usaha Kecil”, Jurnal Manajemen Teknologi, Volume 11 Number 1 2012
——————————. 2008. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Departemen Perdaganagn Republik Indinesia.
——————————. 2014. Mendukung Industri Periwisata. Media Indagkop Kaltim Triwulan I. hal. 86-87. Triwulan II. hal. 18. Triwulan III. hal. 16. Triwulan IV. hal.
9-19,42. Disperindagkop dan UMKM Provinsi Kaltim.
Published
2020-10-08
How to Cite
Andansari, D., & Astagani, A. (2020). KANSEI WORDS PRODUK FESYEN BERBAHAN SARUNG SAMARINDA DAN ULAP DOYO UNTUK INOVASI DESAIN PRODUK KERAJINAN KHAS KALIMANTAN TIMUR SEBAGAI DAYA SAING MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) 2015. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 4(1), 18. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v4i1.81