REDESAIN MEJA GAMBAR ANIMASI UNTUK PELAJAR JURUSAN MULTIMEDIA DI SMKN 2 TENGGARONG
Abstract
Meja tracing adalah suatu komponen yang digunakan untuk mempermudah pelajar SMK jurusan Multimedia di SMKN 2 Tenggarong dalam membuat karya. Menggambar adalah tahap awal dari proses atau produksi animasi. Alat ini dibutuhkan untuk menghasilkan gambar yang lebih bersih. Dalam membuat animasi 2D, terutama secara manual dibutuhkan alat yang dinamakan meja lampu atau meja kaca, sebagai alat pendukung agar lebih mudah menggambar dalam jumlah banyak. Kemunculan meja tersebut membantu mempercepat percontohan gambar. Karena aktivitas yang dilakukan pelajar SMK jurusan Multimedia ini tidak hanya menggambar animasi, tetapi juga menggunakan komputer, yang mana dilengkapi dengan laci keyboard dan area untuk meletakkan CPU. Dengan metode perancangan yang sudah dilakukan antaranya, pengumpulan data, analisa data, konsep desain, alternatif desain, pengembangan alternatif terpilih, serta desain akhir, maka didapatka hasil akhir perancangan meja gambar dengan desain futuristik sesuai dengan karakteristik pengguna. Dengan dibuatnya meja kerja yang sesuai fungsi dan estetis diharapkan dapat membantu aktivitas harian untuk pelajar jurusan Multimedia di SMKN 2 Tenggarong, sehingga tercipta desain yang lebih baik.
Downloads
References
www.arsitag.com/blog/arsitektur-art-deco/
Cahyadi, Dwi (2014). Aplikasi Mannequin Pro untuk Desain Industri. Yogyakarta
Erniathi, D.A. (2011). Bahan : Mengenal Empat Jenis Kayu Olahan. (Diunduh) pada tanggal 8 April 2017 http://wwwderumi.net/2011/mengenai-empat- jenis-kayu-olahanbahan/
Faizal Rochman, dkk. 2012. Ekonomi Kreatif : Rencana Pengembangan Animasi
Hidayati, Z (2006). Modul Bahan Ajar: Sejarah Perkembangan Desain.
Kasali, Rhenaldi (2005). Membidik Pasar Indonesia (Segmentasi,Targeting,Positioning). Jakarta :Gramedia Pustaka Utama.
Lawson, B (1990). How Designer Think (2rd ed). The University Press.
Media Informasi TeknikIndustri. (2011). Materi Kuliah Elemen Mesin Sambungan Sekrup. 01 April, 2015.
Nurmianto, E. (1991). Ergonomi : Konsep Dasar dan Aplikasinya (2rd ed). Surabaya: Penerbit Guna Widya.
Pagulnadi, B. (2008). Desain Produk 3: Mengenal Aspek Desain. Bandung: Penerbit ITB.
Purnasiwi R. G., Kurniawan M. P. 2013. Perancangan Dan Pembuatan Animasi 2D : “Kerusakan Lingkungan” Dengan Teknik Masking. Jurnal Ilmiah DASI Volume 14, No.04. (Diunduh) pada tanggal 29 Februari 2017 http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/n!@file_skripsi/Isi_pustaka927856 696563.pdf
Purnomo, Heri. 2011. Perancangan Film Animasi 3D “Aku Seorang Railfans”.Yogyakarta: Amikom.
Rizki, M.G. (2012). Tentang Finishing Semprot Cat Duco. 12 Maret, 2015. Rusman (2011).
Model Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suyanto, M. (2004). Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran.
Wijayanti, S.E. (2011). Karya Ilmiah Mengenai Segmentasi Pasar. Yogyakarta : Ebook
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License