REDESAIN MEJA GAMBAR ANIMASI UNTUK PELAJAR JURUSAN MULTIMEDIA DI SMKN 2 TENGGARONG

  • Darius Shyafary
  • Ayu Puspa Anggraini
Abstract views: 471 , pdf downloads: 412
Keywords: desain, meja gambar, animasi, desain produk

Abstract

Meja tracing adalah suatu komponen yang digunakan untuk mempermudah pelajar SMK jurusan Multimedia di SMKN 2 Tenggarong dalam membuat karya. Menggambar adalah tahap awal dari proses atau produksi animasi. Alat ini dibutuhkan untuk menghasilkan gambar yang lebih bersih. Dalam membuat animasi 2D, terutama secara manual dibutuhkan alat yang dinamakan meja lampu atau meja kaca, sebagai alat pendukung agar lebih mudah menggambar dalam jumlah banyak. Kemunculan meja tersebut membantu mempercepat percontohan gambar. Karena aktivitas yang dilakukan pelajar SMK jurusan Multimedia ini tidak hanya menggambar animasi, tetapi juga menggunakan komputer, yang mana dilengkapi dengan laci keyboard dan area untuk meletakkan CPU. Dengan metode perancangan yang sudah dilakukan antaranya, pengumpulan data, analisa data, konsep desain, alternatif desain, pengembangan alternatif terpilih, serta desain akhir, maka didapatka hasil akhir perancangan meja gambar dengan desain futuristik sesuai dengan karakteristik pengguna. Dengan dibuatnya meja kerja yang sesuai fungsi dan estetis diharapkan dapat membantu aktivitas harian untuk pelajar jurusan Multimedia di SMKN 2 Tenggarong, sehingga tercipta desain yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfari, S. (2017). Arsitektur Art Deco. (Diunduh) Pada Tanggal 12 Juni 2017. https://
www.arsitag.com/blog/arsitektur-art-deco/
Cahyadi, Dwi (2014). Aplikasi Mannequin Pro untuk Desain Industri. Yogyakarta
Erniathi, D.A. (2011). Bahan : Mengenal Empat Jenis Kayu Olahan. (Diunduh) pada tanggal 8 April 2017 http://wwwderumi.net/2011/mengenai-empat- jenis-kayu-olahanbahan/
Faizal Rochman, dkk. 2012. Ekonomi Kreatif : Rencana Pengembangan Animasi
Hidayati, Z (2006). Modul Bahan Ajar: Sejarah Perkembangan Desain.
Kasali, Rhenaldi (2005). Membidik Pasar Indonesia (Segmentasi,Targeting,Positioning). Jakarta :Gramedia Pustaka Utama.
Lawson, B (1990). How Designer Think (2rd ed). The University Press.
Media Informasi TeknikIndustri. (2011). Materi Kuliah Elemen Mesin Sambungan Sekrup. 01 April, 2015.
Nurmianto, E. (1991). Ergonomi : Konsep Dasar dan Aplikasinya (2rd ed). Surabaya: Penerbit Guna Widya.
Pagulnadi, B. (2008). Desain Produk 3: Mengenal Aspek Desain. Bandung: Penerbit ITB.
Purnasiwi R. G., Kurniawan M. P. 2013. Perancangan Dan Pembuatan Animasi 2D : “Kerusakan Lingkungan” Dengan Teknik Masking. Jurnal Ilmiah DASI Volume 14, No.04. (Diunduh) pada tanggal 29 Februari 2017 http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/n!@file_skripsi/Isi_pustaka927856 696563.pdf
Purnomo, Heri. 2011. Perancangan Film Animasi 3D “Aku Seorang Railfans”.Yogyakarta: Amikom.
Rizki, M.G. (2012). Tentang Finishing Semprot Cat Duco. 12 Maret, 2015. Rusman (2011).
Model Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suyanto, M. (2004). Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran.
Wijayanti, S.E. (2011). Karya Ilmiah Mengenai Segmentasi Pasar. Yogyakarta : Ebook
Published
2020-07-01
How to Cite
Shyafary, D., & Anggraini, A. P. (2020). REDESAIN MEJA GAMBAR ANIMASI UNTUK PELAJAR JURUSAN MULTIMEDIA DI SMKN 2 TENGGARONG. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 4(2), 9. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v4i2.69