PERENCANAAN PUSAT BATIK KHAS KALTIM DI KAWASAN PULAU KUMALA KUKAR - PENEKANAN PADA UTILITAS

  • Zakiah Hidayati POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
  • Mafazah Noviana
  • A’am Gunawan
Abstract views: 24 , pdf downloads: 12
Keywords: Kata kunci: pusat batik, Kaltim, pusat batikutilitas, organisasi ruang.

Abstract

Perencanaan Pusat Batik ini bertujuan mendorong pertumbuhan di bidang ekonomi, baik perdagangan atau pariwisata. Perencanaan Pusat Batik Kaltim ini selain sebagai tempat produksi batik dan penjualan batik, juga berperan dalam kegiatan edukasi membatik bagi para pengunjung dan masyarakat umum. Kendala utama yang dapat muncul dalam perencanaan ini adalah terkait sistem utilitas bangunan dan lingkungan. Sistem utilitas meliputi sistem pengolahan limbah, pembuangan sampah, pemanfaatan air hujan dan pengolahan tapak agar ramah lingkungan. Selain utilitas, faktor organisasi ruang juga menjadi permasalahan karena jika tak diolah berpotensi membuat kegiatan di dalamnya menjadi tidak efektif. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka untuk mendapatkan perencanaan yang baik ditinjau dari ilmu arsitektur. Hal yang dihasilkan dari penelitian ini adalah sistem utilitas dirancang di area tapak bangunan dengan menggunakan empat bak-bak penampung limbah yang diletakkan di area tapak. Bak penampung berupa bak penampung awal, lilin malam, bak pengendapan, dan koagulasi, selanjutnya aman dibuang ke sungai Mahakam yang mengelilingi area pulau Kumala. Organisasi ruang diatur dalam tiga cluster workshop, display dan edukasi untuk menciptakan zona-zona yang lebih privasi karena perbedaan kegiatan di dalamnya. Diharapkan perencanaan pusat batik ini dapat memberikan kontribusi pada perencanaan fungsi bangunan sejenis terutama di permasalahan utilitas.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriyani, I. (Desember, 2015) Penggunaan Ruang Pada Usaha Batik Tulis Di Kampung Batik Jetis Siduarjo. 14 Februari 2020.
Indrayani, L. (2018). Pengolahan Limbah Cair Industri Batik Sebagai Salah Satu Percontohan IPAL Batik Di Yogyakarta.
Suparman (Agustus, 2003).Nilai Kearifan Lokal Dalam Batik Tradisional Kawung. 14 Februari 2020.
Tangoro, D. (2010). Utilitas Bangunan. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
D. K. Ching, Francis. (1996). Arsitektur Bentuk, Ruang, dan Tatanan Edisi kedua. Jakarta: Erlangga.
Published
2021-10-09
How to Cite
Hidayati, Z., Noviana, M., & Gunawan, A. (2021). PERENCANAAN PUSAT BATIK KHAS KALTIM DI KAWASAN PULAU KUMALA KUKAR - PENEKANAN PADA UTILITAS. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 9(2), 10. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v9i2.187