REDESAIN PASAR SEPINGGAN BALIKPAPAN PENEKANAN PADA PENCAHAYAAN DAN PENGHAWAAN ALAMI

  • Bhanu Rizfa Hakim POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
  • Cisyulia Octavia Hs Politeknik Negeri Samarinda
  • Felixsdinata Pangasih Politeknik Negeri Samarinda
  • Andi Alif Sadikin Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 98 , pdf downloads: 51
Keywords: Balikpapan, Pasar Tradisional, Pencahayaan dan Penghawaan Alami, Utilitas

Abstract

Di kota Balikpapan terdapat banyak pasar tradisional, salah satunya adalah Pasar  Sepinggan Balikpapan.Meredesain Pasar Sepinggan Balikpapan agar mampu  mewadahi aktifitas jual-beli dengan penerapan Pencahayaan dan Penghawaan  alami.Metode yang digunakan dalam Redesain Pasar Sepinggan, lebih menekankan  pada penerapan Pencahayaan dan Penghawaan Alami serta sistem utilitas pada  pasar. Selain itu terdapat beberapa literatur yang dapat digunakan dan menjadi  standar dalam proses redesain Pasar Sepinggan Balikpapan. Pasar Sepinggan  Balikpapan merupakan salah satu pasar tradisional yang ramai pengunjung di Kota  Balikpapan , karena terkenal dengan harga yang lebih murah dari pasar lain , namun  penataan para pedagang masih belum dilakukan dan pola parkir yang tidak beraturan menimbulkan kemacetan pada pagi dan sore harikonsep penataan kembali baik dari segi bangunan , zonasi dan layout ruang pada pasar tersebut ,pertimbangan arsitektur yang diberikan akan menghasilkan sebuah desain yang membentuk sebuah suasana yang berbeda dari sebelumnya untuk mengikat minat pengunjung dan memberikan kenyamana pada aktifitas jual-beli yang terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, N. (2011). Optimasi Sistem Pencahayaan Denganmemanfaatkan Cahaya Alami(Studi Kasus Lab. Elektronika Danmikroprosessor Untad). Jurnal Ilmiah Foristek, 1(1), 43-50.
Milaningrum, T. H. (2015). Optimalisasi Pencahayaan Alami dalam Efisiensi Energi di Perpustakaan UGM. Prosiding Seminar Topik Khusus, (pp. 1-10).
Nurhaiza, & Lisa, N. P. (2016). Optimalisasi Pencahayaan Alami pada Ruang Studi Kasus: Gedung Prodi Arsitektur Universitas Malikussaleh. Jurnal Arsitekno , 32-40.
Published
2022-09-28
How to Cite
Hakim, B. R., Hs, C. O., Pangasih, F., & Sadikin, A. A. (2022). REDESAIN PASAR SEPINGGAN BALIKPAPAN PENEKANAN PADA PENCAHAYAAN DAN PENGHAWAAN ALAMI. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 10(2), 5. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v10i2.278