HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SUKU DAN USIA DENGAN KECENDERUNGAN PREFERENSI MASYARAKAT KALIMANTAN TIMUR TERHADAP KOMPONEN PRODUK FESYEN TAS

  • Dita Andansari
  • Darius Shyafary
Abstract views: 201 , pdf downloads: 182
Keywords: relationship, ethnicity, age, preference, bag, Kalimantan Timur

Abstract

ABSTRACT

The preferences of the user community must be considered carefully so that new products will always sell in the market. Product user communities in an area may differ from one region to another in terms of heterogeneity or whether or not the population. This can also affect people's preferences when choosing a product. The conclusions from several studies that have been done show that a person's culture influences the level of preference / choice of product. The contribution of the fashion industry to the national GDP of 1.21 percent. It was stated that of the 400 thousand transactions that occurred, the highest was the fashion category that was in demand in Indonesia. Women's bag is one of the fashion accessories products that have the opportunity to be developed. Research needs to be done about the relationship between ethnicity and age with the tendency of the preferences of the people of Kalimantan Timur for the component of bag fashion products. The purpose of this study is to find out what are the preferences of doyo bag components and to know the relationship between age / ethnicity and the preferences of doyo bag components.
The method used is descriptive with a single cross sectional form with crosstabulation analysis with chi square. The results of this study were that the majority of respondents were dominated by their late teens (17-25 years) with 76.4%, Javanese, namely 22 people with 30.6%. Respondents' preferences Preferred bag handles are leather-woven iron chains (25%), preferred bag closures are 23.6% unclosed, zippered pockets are preferred 40.3%, gussets / side joints of bags with field shapes expanded there is a zipper preferred by 30.6% and the preferred material is a combined material of doyo wormwood and genuine leather by 54.2%. From the results of data processing, there is only 1 significant cross tabulation, namely at: The level of interrelation between the tribes and the shape of the bag.
Keywords: relationship, ethnicity, age, preference, bag, Kalimantan Timur

 

ABSTRAK

Dalam mengembangkan sebuah produk, maka kesukaan (preferensi) dari masyarakat pengguna harus diperhatikan dengan seksama sehingga produk baru akan selalu laku di pasaran. Masyarakat pengguna produk dalam sebuah wilayah dapat berbeda antara wilayah yang satu dengan lainnya dalam hal heterogen atau tidaknya penduduknya. Hal ini dapat mempengaruhi juga preferensi masyarakat ketika memilih sebuah produk. Kesimpulan dari beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa budaya seseorang mempengaruhi tingkat preferensi/pilihan terhadap produk. Kontribusi industri fesyen terhadap PDB nasional sebesar 1,21 persen. Disebutkan bahwa dari 400ribu transaksi yang terjadi, yang paling tinggi adalah kategori fashion yang diminati di Indonesia. Tas wanita merupakan salah produk aksesoris fesyen yang mempunyai peluang untuk dikembangkan. Perlu dilakukan penelitian tentang hubungan antara suku dan usia dengan kecenderungan preferensi masyarakat Kalimantan Timur terhadap komponen produk fesyen tas.
Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui apa saja preferensi komponen tas ulap doyo serta mengetahui adanya hubungan antara usia/suku dengan preferensi terhadap komponen tas ulap doyo. Metode yang dilakukan adalah deskriptif dengan bentuk single cross sectional dengan analisis crosstabulation dengan chi square. Hasil dari penelitian ini adalah Sebagian besar responden didomnasi oleh usia remaja akhir (17-25 thn) dengan 76,4%, Suku Jawa yaitu 22 orang dengan 30,6%. Preferensi responden Handle tas yang disukai adalah rantai besi dianyam kulit (25%), penutup tas yang disukai adalah tidak berpenutup depan sebesar 23,6%, kantong dengan ritsleting sangat disukai yaitu 40,3%, gusset/bagian sambungan samping tas dengan bentuk bidang diperluas ada ritsleting disukai sebesar 30,6% serta material yang disukai adalah material gabungan ulap doyo dan kulit asli sebesar 54,2%. Dari hasil pengolahan data, hanya terdapat 1 tabulasi silang yang signifikan, yaitu pada : ingkat keterkaitan antara suku dengan bentuk kantong tas 

Kata kunci : hubungan, suku, usia, preferensi, tas, Kalimantan Timur

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andansari, Dita & Astagani,Asrina, 2016, Inovasi Desain Kerajinan Khas Kalimantan Timur sebagai Daya Saing Menghadapi MEA 2015, Kreatif: Jurusan Desain Polnes.
Lee,Yoon Kyung & DeLong, Marilyn, 04 June 2018, Re-birthed fashion handbags as a collaborative design project
Raid & Gopal,2014, Study of consumer buying behavior on Branded ethnic apparel , IOSR Journal of Business and Management e-ISSN: 2278-487X,p-ISSN: 2319-
7668 PP 43-49
Leng & Botelho, 2010, How does national culture impact on consumers decision-making style? a cross cultural study in Brazil, The United States an Japan.
BAR,Braz. Adm. Rev. vol. 7 no. 3 Curitiba July/Sept. 2010
Nofiawaty, 2010, Hubungan Antara Faktor Penduduk Setempat Terhadap Kecenderungan Preferensinya, Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol. 8 No. 15 Juni 2010
https://kemenperin.go.id/
https://www.vogue.co.uk/gallery/bag-trends-by-the-decade
https://www. Shopee.com
Published
2020-05-09
How to Cite
Andansari, D., & Shyafary, D. (2020). HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SUKU DAN USIA DENGAN KECENDERUNGAN PREFERENSI MASYARAKAT KALIMANTAN TIMUR TERHADAP KOMPONEN PRODUK FESYEN TAS. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 7(2), 11. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v7i2.54