DESAIN WADAH PERMAINAN SCRABBLE DAN LUDO UNTUK ANAK -ANAK USIA 7-12 TAHUN
Abstract
Permainan papan merupakan permainan dengan menggunakan media papan. Bermain permainan papan ternyata meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analisis, penalaran, dan kemampuan komunikasi prmainnya. Di Indonesia, permainan scrabble dan ludo dalam bentuk papan kurang begitu populer disebabkan karena harganya yang cukup mahal. Permainan edukasi mulai tenggelam dikalahkan oleh permainan daring yang lebih mudah ditemui dan dimainkan. Kelebihan lain yang membuat game ponsel lebih unggul ialah dengan satu ponsel pemakai terutama anak-anak yang berada di kisaran umur 7-12 tahun bisa mengganti aplikasi permainan yang satu dengan yang lain hanya dengan sekali klik, tetapi untuk permainan papan hanya bisa dimainkan satu mainan untuk satu papan permainan. Oleh karena itu diperlukan suatu rancangan produk dengan tujuan menggabungkan 2 permainan papan ke dalam 1 wadah untuk anak usia 7-12 tahun. Metode perancangan yang dilakukan dengan menggunakan metode Vinod Goel yaitu melakukan pengumpulan dan analisa data, menentukan konsep desain, yang dilanjutkan dengan desain alternatif, dan pengembangannya, hingga selesai pada desain akhir. Sehingga hasil perancangan “Desain Wadah Permainan Scrabble dan Ludo untuk Anak-Anak yang berusia 7-12 tahun“, pengguna mendapat kemudahan dalam bermain 2 permainan papan, dengan desain yang lebih ergonomis, estetis, dan praktis karena hanya mempunyai 1 wadah saja untuk 2 permainan.
Downloads
References
2. Goel, V. Design Method. (1995).
3. Cahyadi, D., & Soeprapto, E. F. Aplikasi Data Antropometri Pada Perancangan Produk Furnitur. 2021. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
4. Cahyadi, D., Aplikasi Mannaquin Pro Untuk Desain Industri. 2014, Yogyakarta: Leutkaprio D Cahyadi, E. Fibrianie, M. Irwan, H Susandari, CFM Tantrika. Design of workstation in the home industry of Amplang crackers production. 2020. Journal of Physics : Conference Series.
5. Soeprapto, E. F., & Cahyadi, D. ERGONOMI DESAIN. 2018. Depok: PNJ Press.
Copyright (c) 2021 Dwi Cahyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License