DESAIN WADAH PERMAINAN SCRABBLE DAN LUDO UNTUK ANAK -ANAK USIA 7-12 TAHUN

  • Mauritania Aida Iskandar
  • Dwi Cahyadi Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 19 , pdf downloads: 6
Keywords: Wadah, Permainan Papan, Scrabble, Ludo

Abstract

Permainan papan merupakan permainan dengan menggunakan media papan. Bermain permainan papan ternyata meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analisis, penalaran, dan kemampuan komunikasi prmainnya. Di Indonesia, permainan scrabble dan ludo dalam bentuk papan kurang begitu populer disebabkan karena harganya yang cukup mahal. Permainan edukasi mulai tenggelam dikalahkan oleh permainan daring yang lebih mudah ditemui dan dimainkan. Kelebihan lain yang membuat game ponsel lebih unggul ialah dengan satu ponsel pemakai terutama anak-anak yang berada di kisaran umur 7-12 tahun bisa mengganti aplikasi permainan yang satu dengan yang lain hanya dengan sekali klik, tetapi untuk permainan papan hanya bisa dimainkan satu mainan untuk satu papan permainan. Oleh karena itu diperlukan suatu rancangan produk dengan tujuan menggabungkan 2 permainan papan ke dalam 1 wadah untuk anak usia 7-12 tahun. Metode perancangan yang dilakukan dengan menggunakan metode Vinod Goel yaitu melakukan pengumpulan dan analisa data, menentukan konsep desain, yang dilanjutkan dengan desain alternatif, dan pengembangannya, hingga selesai pada desain akhir. Sehingga hasil perancangan “Desain Wadah Permainan Scrabble dan Ludo untuk Anak-Anak yang berusia  7-12 tahun“, pengguna mendapat kemudahan dalam bermain 2 permainan papan, dengan desain yang lebih ergonomis, estetis, dan praktis karena hanya mempunyai 1 wadah saja untuk 2 permainan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Saputri, N. 7 Manfaat main Scrabble Bersama Keluarga. (2018); Available from: https://kumparan.com/kumparanmom/7-manfaat-main-scrabble-bersama-keluarga-1544849567951194474.
2. Goel, V. Design Method. (1995).
3. Cahyadi, D., & Soeprapto, E. F. Aplikasi Data Antropometri Pada Perancangan Produk Furnitur. 2021. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
4. Cahyadi, D., Aplikasi Mannaquin Pro Untuk Desain Industri. 2014, Yogyakarta: Leutkaprio D Cahyadi, E. Fibrianie, M. Irwan, H Susandari, CFM Tantrika. Design of workstation in the home industry of Amplang crackers production. 2020. Journal of Physics : Conference Series.
5. Soeprapto, E. F., & Cahyadi, D. ERGONOMI DESAIN. 2018. Depok: PNJ Press.
Published
2021-09-28
How to Cite
Iskandar, M. A., & Cahyadi, D. (2021). DESAIN WADAH PERMAINAN SCRABBLE DAN LUDO UNTUK ANAK -ANAK USIA 7-12 TAHUN. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 9(2), 8. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v9i2.183

Most read articles by the same author(s)