EVALUASI KENYAMANAN TERMAL RUANG PERKULIAHAN GEDUNG ARSITEKTUR POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA

  • Mafazah Noviana
  • Zakiah Hidayati
Abstract views: 72 , pdf downloads: 49
Keywords: kenyamana, termal, ruang

Abstract

Menciptakan lingkungan termal yang nyaman bagi manusia yang berada di dalamnya merupakan hal yang penting, karena dapat mempengaruhi sikap dan kinerja dari individu bahkan keselaman individu tersebut. Oleh karena itu studi terhadap kenyamanan termal dengan objek ruang perkuliahan dan penggunanya ini sangat penting dilakukan, untuk mengetahui tingkat kenyamanan sebagian besar pengguna dalam hal ini mahasiswa yang berada dalam ruangan, sehingga dapat diperoleh rekomendasi perbaikan ruang perkuliahan yang nyaman dalam mendukung proses belajar yang lebih baik. Program Studi Arsitektur merupakan salah satu program studi yang ada di Jurusan Desain Politeknik Negeri Samarinda. Sejak tahun 2014 Program Studi Arsitektur telah melaksanakan kegiatan belajar
mengajar di gedung sendiri, yang terdiri dari 3 lantai. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metode penelitian deskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif. Metode kualitatif yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan objek sesuai dengan kenyataan melalui pengamatan (observasi). Metode kuantitatif yang digunakan berupa pendekatan dengan menggunakan alat
ukur dan mengolah hasil pengukuran tersebut ke dalam grafik untuk mengetahui kenyamanan termal ruang. Lokasi penelitian yaitu 6 ruang perkuliahan di Gedung Arsitektur POLNES. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kondisi termal di beberapa ruang kuliah belum memenuhi standar kenyamanan sehingga perlu dilakukan upaya pengkondisian udara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ASHRAE. 1989. Handbook of Fundamental Chapter 8: Physiological Principles, Comfort, and Health, ASHRAE, USA
Aprilia, Duhita. 2009. Kajian Eksperimen Pengaruh Interaksi Musik dan Temperatur Ruang Terhadap Kemampuan Kognitif. Skripsi Sarjana. Universitas Andalas, Indonesia.
Latifah, Nur Laela. Perdana, Harry. Prasetya, Agung. Siahaan, O P. 2011. Kajian Kenyamanan Termal Pada Bangunan Student Center ITENAS Bandung. Jurnal Teknik Arsitektur ITENAS
Marsidi dan Ch. Desi Kusmindari. 2009. Pengaruh Tingkat Kelembaban Nisbi Dan Suhu Ruang Kelas Terhadap Proses Belajar. Jurnal Ilmiah Tekno (2009) Vol 4.
Rilatupa, James. 2008. Aspek Kenyamanan Termal pada Pengkondisian Ruang Dalam. Jurnal Sains dan Teknologi EMAS, Vol. 18 No. 3 Agustus 2008.
Rahmadani, Dewi 2011. Evaluasi kenyamanan termal ruang perkuliahan di Universitas Andalas. Skripsi Sarjana. Universitas Andalas Padang.
Santoso, Eddy Imam. 2012. Kenyamanan Termal Indoor pada Bangunan di Daerah Beriklim Tropis Lembab. Indonesian Green Technology Journal.Vol. 1 No. 1.
Satwiko, Prasasto. 2008. Fisika Bangunan. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Published
2020-10-11
How to Cite
Noviana, M., & Hidayati, Z. (2020). EVALUASI KENYAMANAN TERMAL RUANG PERKULIAHAN GEDUNG ARSITEKTUR POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 3(1), 11. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v3i1.93